5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil Anda

5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil Anda

Semua orang mungkin bisa mengendarai mobil, namun masih banyak yang malas ataupun menyepelekan untuk merawatnya. Salah satu komponen yang paling vital untuk dilakukan perawatan rutin pada sebuah mobil adalah bagian mesin. Jika mesin mobil tidak terawat dengan baik tidak heran mobil akan dalam kondisi yang tidak prima bahkan terkadang akan sulit dinyalakan atau mogok.

Merawat mesin mobil memang tidak perlu dilakukan setiap saat karena mobil-mobil baru pada zaman sekarang sudah minim perawatan. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak memperhatikan mesin mobil Anda sama sekali. Anda bisa melakukan perawatan sederhana untuk mesin mobil Anda untuk menunjang performa dan kinerjanya. Berikut ini terdapat beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk perawatan pada mesin mobil:

1. Perhatikan Kondisi Oli

Satu hal yang paling mudah untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan memerhatikan kondisi oli mesin. Oli mesin sebaiknya menggunakan tipe yang sudah dianjurkan di buku manual mobil Anda. Untuk penggantian oli Anda bisa melakukannya setiap 5.000-10.000 km. Selain itu juga sebaiknya mengecek dengan meneteskan oli di tangan dan jika terasa ada serpihan halus di dalamnya maka oli harus segera diganti dengan yang baru.

2. Cek Kondisi Aki

Selain memerhatikan kondisi oli, sebaiknya Anda juga memerhatikan kondisi aki untuk merawat mesin mobil Anda. Aki merupakan salah satu komponen yang dapat men-supply listrik pada mobil Anda. Terdapat 2 tipe aki kendaraan, yaitu aki kering dan aki basah yang tentunya memiliki perawatan yang berbeda-beda.

3. Pergunakan Bahan Bakar Minyak yang Sesuai

Bahan bakar memiliki peranana yang cukup penting untuk meningkatkan performa kendaraan, khususnya mobil. Bukan hanya nilai oktannya saja yang perlu Anda perhatikan melainkan teknologi yang dimiliki dari BBM tersebut.

Sebab bahan bakar yang baik itu tidak hanya mampu membersihkan dan melindungi mesin tetapi juga meningkatkan performa mesin lebih optimal. Gunakanlah BBM yang beroktan sesuai dengan buku manual mobil Anda untuk merawat mesin mobil Anda agar lebih awet dan memiliki kinerja yang optimal.

4. Isi Radiator dengan Coolant

Demi menghindari kondisi mesin mobil yang overheat, sebaiknya Anda untuk memastikan kondisi air radiator selalu terisi secara terus menurus. Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja, jika mengalami kekurangan cairan ataupun terjadi kebocoran akan mengakibatkan masalah serius pada mesin mobil.

Untuk merawat mesin mobil kesayangan Anda, pastikan memakai cairan radiator atau coolant yang direkomendasikan. Hindari menggunakan air biasa karena memiliki kandungan senyawa yang berbeda dibandingkan dengan cairan coolant. Cairan coolant memiliki senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator agar tetap bersih dan awet.

5. Lakukan Tune-Up Secara Berkala

Selain membutuhkan perawatan dari sang pemilik, mesin mobil juga membutuhkan sentuhan mekanik ahli secara berkala agar kinerjanya tetap optimal. Datang ke bengkel tidak harus untuk servis besar, Anda juga bisa melakukan tune up secara berkala yang berarti servis ringan untuk menjaga stabilitas performa mobil.

Percayakan mobil kesayangan kepada dealer resmi atau bengkel terpercaya untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang menjamin standar kualitas pelayanannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan teknisi ahli tentang berbagai masalah pada mobil hingga waktu saat melakukan penggantian spare part.

Demikianlah beberapa tips sederhana merawat mesin mobil Anda agar kinerjanya tetap optimal dan tentunya tahan lama. Selain itu, berikan perlindungan tambahan untuk mobil anda dengan proteksi Mega Kendaraan dari Mega Insurance agar terhindar dari berbagai risiko ketika berkendara.

Stay Connected

Model Terpopuler

New Calya
4 Type
Dilihat: 473x
New Veloz
4 Type
Dilihat: 342x

Slide Model

Random Model

Hi Ace
2 Type
Harga Mulai :
507.670.000
All New Camry
2 Type
Harga Mulai :
648.250.000