Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Ternyata Bukan Hanya Masalah Freon!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Ternyata Bukan Hanya Masalah Freon!

Kebanyakan pemilik mobil mungkin berpikir bahwa yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin adalah karena ada masalah pada bagian freon. Tetapi ternyata hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Sangat tidak lengkap rasanya jika saat berkendara tanpa menggunakan AC (Air Conditioner). AC sudah menjadi kewajiban di mobil-mobil modern sekarang, mengingat panasnya cuaca di perkotaan.

Udara sejuk dan dingin yang dihasilkan dari AC, otomatis membuat nyaman para penumpang saat berada di dalam kabin mobil.

Tetapi permasalahan kerap terjadi pada AC mobil. Pasti kita semua pernah merasakan hal seperti ini. Misalnya mengalami sistem mesin pendinginnya yang tidak berfungsi sebagai layaknya.

Ada pula yang memiliki pengalaman AC yang malah mengeluarkan suhu panas sehingga kabin terasa sumpek dan tidak nyaman. Tetapi apakah Anda mengetahui penyebabnya?

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

1. Freon

Seperti yang kita ketahui, jika ingin AC berfungsi dengan baik, maka kita harus menggunakan Freon. Jika Freon sudah habis, maka dipastikan AC tidak akan dingin dan hanya menghasilkan angin saja.

Bagi pemilik mobil yang memiliki pengalaman seperti ini, coba cek bagian Freon AC-nya. Barangkali Freon AC mobil mengalami kebocoran yang biasa terjadi pada sambungan pipa, saft, dan relief valve pada compressor.

Untuk menanggulanginya, kita sebaiknya berkonsultasi ke mekanik ahli, maupun mengunjungi jasa AC mobil langganan.

2. Kondensor kotor

Kita harus memahami sistem kerja kondensor terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Kondensor adalah bagian AC yang tugasnya membuang suhu panas yang dilepaskan compressor.

Jika sampai komponen ini kotor, maka akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin saja.

Kerusakan pada bagian kondensor ini juga akan menjadi semakin parah bila kotoran sudah berlebihan. Proses pembuangan panas yang dihasilkan kompresor menjadi tidak sempurna sehingga menjadi penyebab AC mobil tidak menjadi dingin.

Sebaiknya pemilik mobil rutin membersihkan kotoran yang menumpuk agar tidak mengalami penyumbatan sirkulasinya.

3. Kompresor rusak

Jika kondensor mobil kita bersih, tetapi sistem pendinginnya tetap tidak terasa sama sekali maka bisa jadi penyebab AC mobil tidak dingin adalah karena komponen kompresornya yang mengalami kerusakan. Bisa jadi kompresornya yang aus atau rusak. Ciri-ciri kompresor rusak bisa dilihat dari bagian sight glass-nya yang berwarna hitam.

Jika tanda ini muncul, maka hal ini berarti receiver dryer atau expansion valve tersumbat oleh kumpulan kotoran. Dan jika terjadi kerusakan, maka kita harus mengganti kompresor AC mobil tersebut.

4. Thermistor

Alat yang namanya merupakan kependekan dari Thermo dan Resistor ini mempunyai fungsi mengirimkan sinyal kepada kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabin mobil sudah mencapai temperatur sesuai pengaturan pada AC.

Tetapi jika thermistor mengalami kerusakan, otomatis tidak ada nada sinyal yang dikirimkan ke kompresor.

Kompresor akan terus menerus bekerja hingga evaporator beku. Dan jika evaporator sudah beku, kondisi inilah yang akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin dan yang keluar hanya angin saja.

Kerusakan bisa terjadi karena beragam faktor. Bisa karena faktor usia, kualitas thermistor, terkena basah, atau sensor yang pecah. Sebaiknya segera diganti agar penyebab AC mobil tidak dingin saat RPM rendah ini tidak semakin menjadi-jadi.

Jika sudah begini lebih baiknya diserahkan ke jasa service AC mobil agar sumber masalahnya bisa langsung ditindaklanjuti secara teliti.

5. Sistem AC

Berhati-hati jika kalian baru saja mengisi oli kompresor. Sebab pengisian oli kompresor yang berlebihan akan membuat tekanan di dalam Freon AC meningkat. Jika tekanan sudah meningkat maka kompresor akan berubah menjadi panas.

Hal selanjutnya yang akan terjadi adalah proses kondensasi terhambat. Seperti yang sudah diketahui, kondensasi adalah proses penting untuk menurunkan suhu. Jika prosesnya terganggu, maka AC mobil pun tidak terasa dingin. Bahkan benar-benar tidak dingin seharian.

6. Fan belt putus

Fan belt di dalam AC berfungsi sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Jika fan belt ini putus atau mengalami kerusakan, maka bisa dipastikan kinerja kompresor tidak akan maksimal karena tidak mendapat aliran putaran mesin.

Kompresor pun tidak akan berputar. Akibatnya AC mobil pun tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pemilik mobil menggunakan fan belt berkualitas yang tahan lama, serta tahan panas.

7. Dryer Filter

Fungsi dryer filter AC mobil adalah sebagai tempat penampung sementara Freon yang sudah cair oleh kondensor yang juga menjadi penyaring dan pengering uap di dalam sistem AC mobil.

Dryer filter mempunyai beberapa komponen di dalamnya, seperti filter, dissecans, sight glass, dan fusible plug. Dryer filter yang terletak di antara expansi valve dan kondensor ini tergolong sebagai komponen vital yang dimiliki oleh AC mobil.

Bila dryer filter bermasalah dipastikan akan berdampak pada  AC mobil seperti adanya penyumbatan yang bisa terjadi atau adanya masalah di sekitar area dryer filter.

Hal ini akan mengakibatkan Freon yang mengalir ke area dryer filter lebih banyak daripada oli, sehingga supply Freon menjadi berlebihan.

Alhasil, pembekuan pada area ekspansi pun bisa terjadi. Selanjutnya, angin yang keluar hanya menghasilkan reaksi seperti asap atau kabut.

8. Magnetic Clutch

Magnetic clutch merupakan bagian dari kompresor AC mobil yang berfungsi menghubungkan putaran mesin dengan kompresor melalui drive belt AC mobil.

Salah satu hal yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin adalah jika magnetic clutch pada kompresor mengalami kerusakan.

Salah satu sebab kerusakan magnetic clutch adalah saat mengoperasikan AC yang tidak benar, seperti menyalakan suhu terlalu rendah sehingga magnetic clutch sering putus sambung.

Usahakan saat mengatur suhu AC di posisi paling dingin, mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan dalam waktu yang cukup lama.

Tujuannya agar magnetic clutch jadi lebih awet, termasuk komponen AC lainnya. Sebagai informasi, gunakan komponen asli agar tidak mengalami kerusakan yang sama agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Stay Connected

Model Terpopuler

All New Rush
4 Type
Dilihat: 1901x
New Calya
4 Type
Dilihat: 1534x

Slide Model

Random Model

New Yaris
4 Type
Harga Mulai :
290.100.000
New Sienta
3 Type
Harga Mulai :
310.200.000